Latest News

Analisa Usaha Selada Hidroponik

Selada hidroponik merupakan sayuran yang mudah ditanam dan cepat panen. Selada hidroponik bisa dipanen dalam waktu 30 hari. Kebutuhan sayur selada ini juga sangat banyak, mulai untuk lalapan di restoran ataupun untuk sayur isi hamburger dan kebab yang dijual di pinggir jalan. Namun sayangnya banyaknya kebutuhan selada ini kurang diimbangi dengan adanya stok sayuran selada untuk memenuhi kebutuhan sayur selada di pasaran.

Saya sering menjumpai ketika berjalan-jalan ke sebuah departemen store, di adegan sayuran terdapat selada yang jumlahnya sedikit dan kualitasnya pun kurang bagus, berbagai bercak-bercak coklat dan hitam pada adegan daunnya.
Hidroponik merupakan sistem menanam sayur yang sekarang mulai menjamur di seluruh pelosok negeri. Hidroponik sudah banyak berkembang namun masih sedikit yang menggunakannya untuk mensuplai sayur di pasaran. Selada bisa ditanam dengan sistem hidroponik, dan yang paling mudah ialah dengan menggunakan sistem NFT.

Untuk memulai bisnis selada hidroponik, langkah pertama Anda harus menyiapkan lahan untuk menanam hidroponik. Jika anda tidak mempunyai lahan yang luas anda bisa berafiliasi dengan beberapa sahabat Anda untuk menanam sayur selada ini di halaman rumah mereka. Yang paling penting ialah Anda harus bisa membuat siklus panen selada sehingga tidak pernah putus.

Biasanya alasannya ialah selada berumur sekitar 4 Minggu maka paling mudah ialah membagi lahan menjadi 4 adegan bagian. Pertama ialah persemaian selada, kemudian adegan kedua ialah pada ketika umur selada memasuki ahad kedua yaitu ketika selada mulai tumbuh. Kemudian adegan yang ketiga ialah ketika selada memasuki umur ahad ke-3. Yang terakhir ialah ketika selada memasuki masa panen yaitu Minggu ke-4. Minimal Anda bisa memanen selada seminggu sekali itu sudah cukup untuk memulai bisnis selada.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan lagi ialah pengemasan sayur selada. Produk yang dikemas dan yang tidak dikemas memiliki harga jual yang berbeda, untuk itu Anda harus membuat kemasan khusus untuk produk selada anda. Kemasan harus tertuliskan nama kebun anda, nomor kontak anda, dan yang paling penting harus tertuliskan bahwa itu ialah selada hidroponik non pestisida.
Tentang marketing, yang paling sederhana ialah menyampaikan sampel atau teladan selada kepada sahabat Anda ataupun tetangga anda. Pemasaran jenis ini sudah banyak yang berhasil, namun sekali lagi anda harus menyampaikan sampel selada anda di dalam kemasan yang bertuliskan nama kebun anda dan nomor kontak anda.

Selanjutnya marketing di sosial media. anda bisa menyampaikan info wacana keunggulan selada hidroponik ke sosial media. Setelah anda menyampaikan informasi, anda bisa menyampaikan produk Anda. Kunci sukses dari marketing ialah acara yang terpola dan tidak pernah putus. Anda harus konsisten melaksanakan penawaran setiap hari melalui sosial media, ataupun pribadi kepada calon pembeli anda. Sekali lagi acara marketing tidak boleh putus dan menyerah, Anda harus melakukannya secara terjadwal.

Analisa Usaha Selada Hidroponik untuk 1 kali masa panen

Aset
Pembuatan NFT 100 titik tanam x 4 lahan x @ 1.500.000 = 6.000.000

Pengeluaran 1 kali panen
Listrik 1 bulan x 4 lahan x @ 25.000 = 100.000
Benih dan rockwool 1 kali masa panen = 100.000
Nutrisi AB Mix 1 kali masa panen = 90.000
Kemasan = 100.000
TOTAL =  390.000

Pemasukan 1 kali panen
Penjualan 400 selada x @ 3.000 = 1.200.000

Keuntungan 1 kali panen = 810.000

Catatan :
  • Tenaga untuk menanam, perawatan, dan marketing tidak dihitung biayanya, alasannya ialah dianggap menggunakan tenaga sendiri.
  • Penghasilan berbeda-beda tergantung kondisi pasar masing-masing tempat.

0 Response to "Analisa Usaha Selada Hidroponik"