Latest News

Pengobatan Dengan Akupunktur

Akupunktur adalah ilmu dan seni tusuk jarum. Cara kerja akupunktur dengan menekan atau menusuk titik-titik tertentu yang disebut sebagai titik akupunktur atau meridian di tubuh. Jarum yang digunakan dalam terapi akupunktur ini sangatlah tipis dan fleksibel bagaikan sehelai rambut.

Akupunktur berasal dari Cina, yang sudah dikenal semenjak 5.000 tahun yang lalu. Pada awalnya, masyarakat Cina menggunakan  batu yang berujung runcing, kayu, atau buluh untuk terapi akupunktur. Tapi sekarang dalam praktek akupunktur, alat-alat tersebut telah digantikan dengan jaru,-jarum khusus yang sangat runcing dan halus untuk menekan titik-titik meridian.

Jarum-jarum yang digunakan dalam terapi akupunktur terbuat dari banyak sekali macam logam, ibarat perak, tembaga, atau emas. Untuk menjamin keamanan dan kebersihannya, semua jarum yang digunakan dalam terapi akupunktur harus steril dan hanya digunakan satu kali. Setelah digunakan, jarum-jarum tersebut dibuang dan akupunkturis atau jago akupunktur harus menggunakan jarum yang baru.

Terapi akupunktur menjadi pilihan pengobatan alternatif yang bebas dari materi kimia yang dapat menjadikan efek buruk pada tubuh. Penusukan titik-titik akupunktur akan membuat sistem syaraf melepaskan zat kimia dalam otor, sumsum tulang belakang dan otak. Pelepasan zat kimia tersebut akan membantu perbaikan keseimbangan energi sehingga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Untuk menjalani terapi akupunktur ini, tidak ada batasan usia yang diterapkan. Semua orang mampu menjalani terapi akupunktur. 


Kehebatan pengobatan dengan terapi akupunktur ini telah terbukti nyata. Bahkan dunia kedokteranpun juga mengakui hal tersebut. Ini dibuktikan dengan telah banyaknya riset yang dilakukan atas pengobatan dengan metode akupunktur ini. Selain itu akupunktur juga telah masuk dalam dan dipelajari di sekolah-sekolah kedokteran di negara-negara barat. Sedangkan di Indonesia, akupunktur telah menjadi salah satu cabang spesialisasi kedokteran. Melihat dari hal-hal tersebut di atas, keamanan terapi akupunktur pasti terjamin, asalkan dilakukan oleh ahli-ahli yang berkompeten di bidang tersebut.

Sebagai salah satu teknik medis, akupunktur banyak sekali manfaat pencegahan dan pengobatan yang di dapat dari metode akupunktur ini. Pada kondisi tubuh normal, seseorang dapat menjalani terapi akupunktur untuk memperlancar pedoman darah dan limfa, meningkatkan metabolisme, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu tubuh, akan lebih segar dan bugar serta terhindar dari bahaya penyakit. Selain itu, terapi akupunktur juga mampu diterapkan dalam aktivitas diet. Terapi akupunktur yang digunakan dalam aktivitas diet ialah dengan cara menekankan atau memasang jarum akupunktur di bersahabat telinga, fungsinya ialah untuk menurubkan harapan makan yang berlebih. Teknik ibarat ini disebut ear stapling

Berikut ini beberapa duduk perkara kesehatan yang mampu diatasi dengan terapi akupunktur, yaitu :

  • Saraf dan otot. Berkaitan dengan sakit sendi, nyeri dada, migrain, dan asam urat.
  • Pernafasan. Berkaitan dengan penyakit asma, sinusitis, dan bronkitis.
  • Pencernaan. Berkaitan dengan penyakit maag, diare, dan susah buang air.
  • Sistem reproduksi. Berkaitan dengan duduk perkara kesuburan.
  • Fisik yang bekerjasama dengan ketegangan dan stres emosional. Berkaitan dengan penyakit insomnia dan jantung.
  • Sistemis dan fungsional. Berkaitan dengan penyakit darah tinggi, diabetes, obesitas, dan alergi.

Dalam terapi akupunktur, penanganan setiap keluhan kesehatan akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena lokasi titik meridian dari masing-masing penyakit tersebut berlainan. Pada permukaan tubuh insan terdapat 365 titik meridian atau akupunktur. Yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan dalam melaksanakan terapi akupunktur ini ialah kondisi tubuh pasien. Tidak semua orang yang ingin melaksanakan terapi akupuntur ini pribadi begitu saja menjalani terapi. Apabila kondisi pasien tersebut terlalu lemah atau mengalami demam yang cukup tinggi, biasanya terapi akupunktur akan ditunda, hingga dengan kondisi pasien tersebut membaik.

Selain mengatasi keluhan penyakit, terapi akupunktur juga dikenal sebagai salah satu metode untuk menjaga dan memperbaiki penampilan, misalnya yang berkaitan dengan berat badan, vlek pada wajah, jerawat, kulit keriput, selulit, duduk perkara amis badan, ketombe, hingga kerontokan rambut. Apabila seseorang takut atau stress berat dengan jarum, dengan kemajuan teknologi sekarang ini, jarum akupunktur mampu digantikan dengan laser untuk menstimulasi titik-titik meridian (akupunktur).

Semoga bermanfaat.  



0 Response to "Pengobatan Dengan Akupunktur"