Latest News

Bromelia, Tanaman Hias Nan Mempesona

Corak warna warni yang terdapat di daunnya membuat bromelia sangat mempesona. Bromelia termasuk dalam tanaman hias, yang berasal dari Argentina dan Brasil. Tanaman bromelia tergolong keluarga nanas, dengan nama latin Ananas cosmusus. Bedanya dengan tanaman nanas yaitu bromelia tidak menghasilkan buah yang dapat dimakan.
Di negara asalnya, Argentina dan Brasil, bromelia seringkali dijadikan materi dasar untuk obat-obatan. Daunnya dikonsumsi untuk mengobati cacingan. Selain itu daun bromelia juga sering digunakan sebagai embel-embel ketika memasak. Kandungan yang terdapat dalam daun bromelia mampu membuat daging empuk ketika direbus.

Bromelia merupakan tanaman hias yang sudah lama masuk ke Indonesia. Daunnya yang memanjang menyerupai pohon nanas, dengan wariasi warna hijau, merah, kuning atau putih membuat tanaman ini semakin indah. Tanaman bromelia ini tidak ada matinya, corak yang terdapat di helai daun terus berubah-ubah. 
Bromelia termasuk tanaman tropis yang dapat hidup di mana saja, hanya saja sebaiknya tanaman ini tidak ditanam di tanah langsung, alasannya yaitu bromelia termasuk tanaman epifit atau tanaman yang hidupnya menumpang. Ketika tumbuh bromelia akan menumpang di batang tanaman lain sehingga akar tanaman ini tidak sekuat tanaman lainnya. Jika dipaksa ditanam di tanah, akar bromelia akan terserang jamur, lalu mati. Solusi yang biasa digunakan yaitu menanam bromelia dalam pot sesuai ukuran tanamannya dengan menggunakan media  campuran cacahan akar pakis, sabut kelapa, pasir, dan pupuk kandang.

Para pecinta bromelia biasanya terus menerus membuat inovasi dengan cara menyilangkan jenis bromelia yang satu dengan bromelia lainnya. Tidak heran kalau ketika ini muncul warna-warna tanaman bromelia yang unik dan beraneka ragam. Misalnya, ada daun bromelia dengan warna dasar hijau, dan di pinggir daunnya terlihat garis yang berwarna jingga. Ada lagi yang warna daunnya hijau dengan campuran corak bintik-bintik coklat. Corak-corak unik menyerupai inilah yang banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias. 

Sebagai tanaman hias, bromelia sangat cocok di taruh di pekarangan atau teras rumah. Warnanya yang mencolok dan unik akan membuat rumah bertambah cantik. Oleh alasannya yaitu itulah di pasaran harga bromelia termasuk cukup mahal. Dengan aneka macam varians, tanaman bromelia ini dijual dengan harga berkisar antara Rp. 20.000 sampai Rp. 250.000, tergantung dari jenis tanaman bromelia tersebut.

Untuk menerima tanaman bromelia yang tumbuh dengan cantik, perhatikan langkah-langkah berikut ini :
  • Pastikan tercukupinya kebutuhan sinar matahari. Tanaman bromelia ini kurang baik apabila bersentuhan eksklusif dengan sinar matahari, alasannya yaitu daunnya akan cepat mengering.  Persentase sinar matahari yang diharapkan oleh tanaman bromelia yaitu 60 %.
  • Jangan terlalu sering menyiram tanaman bromelia. Bromelia mempunyai kantung di sela-sela ketiak daun. Di kantung ini biasanya terdapat sisa air. Agar tanaman bromelia tidak terlalu lembab dan basah, siramlah sehari sekali.
  • Media tanam yang digunakan untuk menanam bromelia yaitu cacahan akar pakis, sabut kelapa, dan pasir. Apabila kesulitan untuk membuat media tanam bromelia tersebut, anda mampu membelinya di kios-kios penjual tanaman. 
  • Biasakanlah untuk mengganti pot bila tanaman mulai tumbuh bertambah besar. Pot yang kecil dan sempit akan membuat tanaman ini tidak berkembang maksimal.
  • Bersihkan daun-daun yang sudah mengiring yang berada di bawah tubuh tanaman bromelia ini. Daun gres akan berada di atas dan daun lama berada di bawah tubuh tanaman ini.
  • Untuk memperbanyak bromelia, caranya yaitu dengan memotong bunga yang ada ditengah-tengah daun. Lalu tanam bunga tersebut. Bromelia yang sudah diambil bunganya kemungkinan akan kering dan mati.
Demikian itu cara menanam dan merawat bromelia. Jika tertarik, anda mampu menerima tanaman bromelia ini di daerah penjual tanaman hias. Selamat bertanam.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bromelia, Tanaman Hias Nan Mempesona"