Latest News

Daun Ungu, Cantik Bunganya Banyak Manfaatnya

Daun ungu, tanaman ini mempunyai nama latin Graptophyllum pictum. Walaupun mempunyai bunga yang cantik dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, tanaman ini belum sefamiliar tanaman lain. Sehingga belum banyak orang yang menanam tanaman ini. 

Seperti namanya, daun ungu, tanaman ini mempunyai daun yang lebih banyak didominasi berwarna ungu. Tanaman yang termasuk tumbuhan perdu ini dapat tumbuh menjulang sampai setinggi tiga meter. Batang mudanya berwarna ungu, dan apabila semakin renta maka warna batangnya akan berubah warna menjadi kecoklatan, lalu hitam. Bentuk batang bulat, dan dan tangkai daun berwarna ungu. Bentuk daunnya memanjang dengan ujung runcing. Tepi daun rata dan posisinya berhadapan. Ketika dipetik daunnya akan cepat menjadi layu. Tanaman ini mempunyai bunga yang bentuknya tersusun di satu tangkai. Warna bunganya merah tua.

Di masing-masing daerah, tanaman daun ungu ini mempunyai nama yang berbeda-beda. Misalnya saja di tempat Jawa Timur dan Jawa Tengah tanaman ini dikenal dengan nama wungu, tulak, atau demung. Di tempat lain ibarat di tempat Sunda tanaman ini disebut handeuleum, di Madura tanaman ini dikenal dengan nama karotong, Di Bali disebut temen, di Ambon dikenal dengan nama daun putri atau dongoro, sedangkan di tempat Ternate tanaman ini dikenal dengan nama kobi-kobi.


Tanaman daun ungu ini termasuk tanaman yang mudah ditanam di mana saja, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Berikut cara menanam daun ungu :

  • Siapkan bibit tanaman daun ungu. Anda mampu membelinya di penjual tanaman.
  • Siapkan media tanam. Media tanam ini mampu anda beli di tempat penjual tanaman.
  • Siram media tanam dengan air biar lembab.
  • Pindahkan bibit tanaman daun ungu ke dalam pot, jaga biar akar tidak rusak.
  • Letakkan di tempat yang teduh.
  • Cek tanaman tersebut setiap hari. Apabila kelembaban tanah berkurang, segera siram dengan air secukupnya. Lihat juga di bawah daun, apakah ada ulat alasannya yaitu ulat suka memakan daun tanaman ini.

Andapun juga mampu memperbanyak tanaman ini sendiri dengan cara menstek tanaman daun ungu ini. Cara memperbanyak tanaman ini yaitu sebagai berikut :
  • Pilih batang tanaman yang lurus, dan berwarna cokelat kehitaman.
  • Potong sekitar 30 centimeter atau empat ruas batang.
  • Siapkan media tanam yang stabil, bukan media tanam baru. Media tanam yang sudah stabil yaitu media yang sudah dipakai untuk menanam tanaman. Usahakan media tanam dalam keadaan lembab.
  • Masukkan tiga ruas batang tanaman tersebut ke dalam media tanam. Jangan disiram alasannya yaitu media sudah cukup lembab.
  • Siramlah jikalau tanah sudah terlihat kering. Media tanam yang kebanyakan air akan membuat tanah menjadi lembab sehingga batang akan membusuk. Apabila gagal pada ruas pertama, masih ada ruas berikutnya.
  • Agar batang tidak cepat membusuk, sebelum ditancapkan, diolesi terlebih dahulu dengan getah bawang putih. Potong bawang putih lalu oleskan ke batang yang akan ditancapkan ke dalam tanah.

Tanaman daun ungu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya yaitu :

1. Menyembuhkan wasir.
Cara pemanfaatannya yaitu ambil tujuh lembar daun ungu, lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tinggal separuhnya. Air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap pagi dan sore hari  hingga wasir sembuh. 
Cara lainnya yaitu siapkan tujuh lembar daun ungu, asam jawa sebesar ibu jari, lima iris temu lawak. Rebus semua materi tersebut dengan tiga gelas air sampai tinggal separuhnya. Saring dan minum setiap pagi dan sore hari.

2. Melancarkan datang bulan.
Cara pemanfaatannya yaitu ambil satu genggam daun ungu yang sudah kering, basuh lalu direbus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Saring dan minum tiga kali sehari.

3. Mengempiskan bisul.
Cara pemanfaatannya yaitu ambil beberapa helai daun ungu, bersihkan, lalu olesi dengan minyak kelapa. Kemudian daun dipanaskan dengan cara menaruhnya di atas tutup panci yang sedang dimasak. Jangan lama-lama, cukup satu menit. Setelah itu, taruh daun di atas bisul.

4. Menyembuhkan sembelit.
Cara pemanfaatannya yaitu ambil tujuh lembar daun ungu, Rebus dengan dua gelas air sampai tinggal separuh. Saring dan minum sehari sekali.

Semoga bermanfaat.


0 Response to "Daun Ungu, Cantik Bunganya Banyak Manfaatnya"