Latest News

Hypnoterapi, Tetap Langsing Walaupun Banyak Makan

Banyak orang, terutama perempuan, menganggap berat tubuh berlebih merupakan momok dalam hidupnya. Banyak cara ditempuh untuk memiliki berat tubuh dan bentuk tubuh ideal. Segala macam metode penurunan berat tubuh akan dengan rela mereka jalani.

Ada tiga hal yang menimbulkan berat tubuh seseorang tidak juga berkurang, yaitu :
  • Makan ketika sedang emosional (emotional eating). Salah satu cara seseorang melarikan diri dari masalahnya yaitu dengan makan. Akibatnya mereka terbiasa melaksanakan apa yang dinamakan emotional eating. Walaupun tolong-menolong perut sudah kenyang, tapi kita tetap tidak berhenti untuk terus mengunyah. Yang dipikirkan hanyalah makan dan makan.
  • Diet secara berlebihan (obsessive dieting). Diet tolong-menolong yaitu seperangkat aturan perihal yang boleh dan tidak boleh soal makanan, perihal yang sehat dan tidak sehat, perihal yang baik dan tidak baik. Begitu seseorang lepas dari diet, biasanya berat badannya akan bertambah alasannya yaitu beliau akan melampiaskannya pada makanan. 
  • Pemrograman yang keliru (faulty programming). Seringkali dipikiran banyak orang sudah tertanam anggapan-anggapan yang salah perihal kegemukan. Banyak orang menghubungkan tubuh yang gemuk dengan kesuksesan dalam hidup atau bekerjasama dengan anak yang lucu. Hal-hal tersebut dan apapun yang dikatakan tersebut akan mudah tertanam di alam bawah sadarnya dan tanpa disadari, beliau akan menggemukkan badannya.
Banyak orang yang gagal menurunkan berat tubuh terjebak dalam tubuh gemuk dan merasa tidak percaya diri. Dan hal tersebut membuat mereka stres, dan sebagian dari mereka mencari rasa nyaman dengan makan. Akibatnya mereka akan semakin gemuk dan semakin tidak percaya diri. Apabila kita merasa gagal dalam acara penurunan berat badan, yang perlu dilakukan yaitu memrogram ulang pikiran bawah sadar kita. Tujuannya yaitu untuk menghentikan emotional eating, mempercepat metabolisme tubuh, dan merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Cara yang mampu dilakukan yaitu dengan menjalankan metode hipnoterapi.

Dengan hipnoterapi, kita mengubah keyakinan-keyakinan yang keliru dalam diri kita. Mengubah pemahaman perihal dirinya, kebiasaannya, penurunan berat badannya, makanan, emosi, dan lain sebagainya. Semuanya tanpa diet, tanpa minum pil, atau cara-cara yang lain.

Dalam hipnoterapi dikenal ada lima aturan abnormal (magic rules) yang diterapkan, yang semuanya yaitu satu kesatuan yang tidak mampu dipisahkan, yaitu :

1. Makanlah ketika lapar fisik.
Biasakan makan ketika tubuh mulai menawarkan sinyal rasa lapar. Dan berhentilah makan ketika sudah terasa tidak lapar dan tidak terlalu kenyang. Atau dikala tubuh telah memiliki cukup tenaga untuk bergerak. Lebih dari itu, hendaknya kita mampu membedakan antara lapar fisik dan lapar emosional. Emotional eating datang secara tiba-tiba, mendesak, dan tidak mampu dipuaskan dengan makanan. Sedangkan lapar fisik datang secara bertahap, perlahan, dan dapat dipuaskan dengan makanan.

2. Makanlah apapuin yang diinginkan.
Kita harus berdamai dengan makanan. Biarkan tubuh kita makan apapun tanpa syarat. Bagitu tahu mampu makan apapun yang diinginkan, kita akan cenderung tidak makan sebanyak sebelumnya alasannya yaitu merasa akan selalu ada hari esok.

3. Makanlah secara sadar dan perlahan. 
Makan dengan sadar dan perlahan bertujuan untuk mengenali sinyal tubuh, apakah sudah netral, sudah nyaman, atau sudah kenyang. Makan dengan tergesa-gesa membuat kita tidak memperhatikan sinyal dari perut yang mengatakan bahwa kita sudah kenyang. Kalau sudah begitu, perut kita akan semakin buncit dan berat tubuh bertambah.

4. Katika netral, berhentilan makan.
Berhenti makan sebelum terasa kekenyangan, dengan begitu kita akan memiliki energi untuk beraktivitas dan metabolisme tubuh akan lancar. Kita mesti latihan untuk mampu memahami sinyal-sinyal tersebut. Cara mudah yaitu dengan menakar porsi makanan sebelum makan alasannya yaitu kita sendiri yang tahu kebutuhan kita.

5. Tingkatkan acara tubuh.
Yang paling gampang, menyenangkan, dan tidak membebani yaitu dengan lebih banyak berjalan. Selain itu, mampu juga dilakukan dengan olah raga, misalnya berenang. 

Berikut yaitu tingkatan-tingkatan lapar dan kenyang, berikut tanda-tandanya.

1. Tingkatan lapar yaitu :
  • Starving (benar-benar kelaparan). Kelaparan yang ditandai kelelahan fisik, ibarat pusing atau lemas.
  • Extremely hungry (amat sangat lapar). Ditandai dengan berkurangnya daya konsentrasi dan lekas marah.
  • Very hungry (sangat lapar). Dorongan untuk makan sangat kuat, perut terasa keroncongan.
  • Hungry (lapar). Tubuh mulai menawarkan sinyal rasa lapar, mulai berpikir perihal makanan.
  • Neutral (netral). tidak lapar, tapi juga tidak kenyang. Tubuh akan memiliki cukup tenaga untuk bergerak.

2. Tingkatan kenyang yaitu :
  • Comfortable (nyaman). Merasa cukup.
  • Full (penuh). Lebih dari cukup. 
  • Uncomfortably full (penuh atau kenyang yang tidak nyaman). Mulai merasa sakit alasannya yaitu kekenyangan.
  • Very uncomfortably full (sangat penuh atau kenyang yang tidak nyaman ). Merasa mual dan sangat tidak nyaman hingga ingin mengendurkan ikat pinggang.
  • Stuffes (penuh sesak). Sangat kenyang hingga tidak mampu bergerak lagi dan tidak mau makan minum lagi.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Hypnoterapi, Tetap Langsing Walaupun Banyak Makan"