Latest News

Tahukah Bahwa Hewan...

Di dunia ini ada banyak jenis dan spesies hewan. Sebagian dari hewan-hewan tersebut pasti kita sudah mengenalnya, tapi masih banyak lagi dari hewan-hewan tersebut yang kita tidak tahu atau hanya tahu lewat gambar saja.

gambar : tahupedia.com
Dari banyak hewan tersebut, masing-masing mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Berikut yaitu beberapa hewan yang dimaksud :

1. Kelinci Terlangka.
Kelinci Sumatera atau dalam hasa latin disebut Nesolagus netscheri yaitu kelinci paling langka di dunia. Hewan ini peenah diperkirakan sudah punah, tetapi pada tahun 1990-an, kelinci ini berhasil difoto seseorang. Kelinci tersebut hidup di hutan-hutan sepanjang Bukit Barisan, Sumatera. Pada waktu siang hari mereka biasanya bersembunyi di dalam liang yang ditinggalkan hewan lain dan gres keluar dikala gelap. 

2. Burung Kiwi.
Kiwi yang menjadi burung nasional Selandia Baru ini termasuk burung yang tidak mampu terbang. Burung kiwi yang tinggalnya di lubang-lubang dalam tanah ini ternyata memiliki mata yang hampir buta. Burung kiwi bertelur setiap satu tahun sekali, dan setiap kali bertelur hanya menghasilkan satu butir telur saja. Meski begitu, burung kiwi termasuk pejuang yang hebat, hal ini terbukti dengan keberadaannya di muka bumi ini yang ternyata burung tersebut sudah ada semenjak 70 juta tahun yang lalu, dan hingga sekarang tetap lestari.


3. Semut yang Perkasa.
Semut yaitu jenis serangga yang mampu ditemukan di seluruh dunia. Ada sekitar 10.000 jenis semut  yang tercatat tinggal di bumi ini. Semut termasuk hewan yang memakan segala atau omnivora. Umur semut tidak panjang, paling pendek semut hanya hidup beberapa ahad saja, dan paling lama hingga dua tahun umurnya. Semut yang panjangnya tidak lebih dari 2,5 centi meter ini termasuk hewan yang perkasa, alasannya semut mampu mengangkat benda apa saja yang beratnya 3,5 kali berat badannya sendiri.

4. Sigung, Hewan Terbau.
Sigung yaitu hewan yang memiliki wangi tidak sedap dan sangat menyengat. Hewan ini memiliki warna bulu hitam dan putih. Sigung termasuk hewan penyendiri, yang mencari makan pada malam hari. Sementara dari pagi hingga petang, sigung lebih suka bersembunyi di dalam lubang . Sigung biasa menyemprotkan cairan minyak yang berbau sangat busuk ketika dirinya terancam bahaya. Biasanya, setelah terkena semprot minyak tersebut musuh-musuh atau hewan pemangsa yang tadinya ingin mengganggu sigung akan menghindar alasannya wangi yang menyengat ini akan tercium hingga berhari-hari lamanya.

5. Burung Onta.
Sebagaimana burung kiwi, burung onta juga termasuk jenis burung yang tidak dapat terbang. Burung onta merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai ukuran tubuh terbesar dan tertinggi. Saat burung onta bangkit tingginya mampu sama dengan orang dewasa.

6. Ikan Paus, Mamalia Terbesar.
Mungkin selama ini kita hanya mengenal dan melihat ikan paus dari gambar atau lewat layar televisi saja. Jenis ikan paus sangat banyak, salah satunya yaitu paus biru. Paus biru yaitu jenis paus yang tubuhnya sangat besar. Bahkan termasuk hewan paling besar di dunia. Berat tubuh paus biru mampu mencapai 150 ton, dengan panjang tubuh paus biru sama dengan iring-iringan delapan ekor gajah dewasa.

7. Gurita.
Gurita dan saudara-saudaranya, menyerupai cum-cumi, musky gurita, sotong, dan lain-lain disebut hewan sefalopoda, yaitu hewan yang memiliki tubuh yang lunak, tanpa dilindungi oleh kerangka keras ataupun cangkang. Tahukan anda, bahwa gurita mempunyai kekerabatan dekat dengan siput ? Bedanya, sebagaimana hampir kebanyakan hewan moluska lain, gurita tidak memiliki cangkang yang mampu melindungi mereka. Sebagai gantinya, gurita berlengan delapan mampu mengerutkan tubuhnya sedemikian rupa, sehingga apabila ada hewan pemangsa gurita mampu masuk ke celah sempit di lubang-lubang karang. Dengan begitu, gurita akan terlindung dari hewan pemangsanya. Fakta wacana gurita :

  • Dengan matanya yang lebar, gurita mampu melihat bentuk dan warna dengan sangat jelas.
  • Gurita mampu berubah warna hanya dalam hitungan detik.
  • Gurita mampu berukuran hanya 10 centi meter hingga 9 meter besarnya.
  • Gurita mampu menyemprotkan tinta yang disebut sepia. Semprotan tinta hitam yang mengambang di air akan menyembunyikan si gurita dari serangan musuhnya.

8. Kera dan Monyet.

Kera dan monyet mempunyai perbedaan di antara mereka. Perbedaan tersebut yaitu monyet mempunyai ekor panjang, sedangkan monyet sama sekali tidak memiliki ekor. Hanya ada beberapa jenis kera, yaitu gorilla, orang utan, simpanse, dan gibbon.

9. Alligator dan Buaya.
Alligator dan buaya serupa tapi tidak sama. Perbedaannya antara alligator dan buaya tampak terang pada bab verbal dan gigi. Mulut alligator terlihat lebih lebar dan bibir tampak rapi menutupi giginya. Sedangkan moncong buaya agak memanjang dan membentuk abjad V. Gigi-gigi buaya terlihat keluar dari bibirnya, walaupun mulutnya dalam keadaan tertutup.

Semoga bermanfaat.  

0 Response to "Tahukah Bahwa Hewan..."