Latest News

Mudik Nyaman Dengan Kereta Api

Mudik merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia di ketika lebaran. Dari sekian banyak transportasi yang ada, kereta api merupakan salah satu yang paling diminati. Kereta api ialah salah satu transportasi yang ideal untuk mudik lebaran. Kenapa ? Karena :

  • Harga tiketnya relatif terjangkau. Lebih murah dibandingkan harga tiket pesawat terbang.
  • Waktu tempuhnya lebih cepat dibandingkan angkutan darat lainnya.
  • Tidak melelahkan.
  • Posisi stasiun kereta api pada umumnya berada di tengah kota, sehingga lebih memudahkan.
Bagi para penggemar kereta api, menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi lebih menyenangkan sebab mampu menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Mudik lebaran biasanya dilakukan gotong royong dengan keluarga. Agar perjalanan lebih lancar dan nyaman, terutama bagi anal-anak, perlu adanya persiapan yang matang. Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan perjalanan mudik dengan kereta api :

1. Buat Daftar Perlengkapan Anak.
Perlengkapan anak biasanya lebih banyak dibandingkan orang tua. Mulai dari pakaian, makanan, minuman, mainan, hingga dengan barang-barang kesayangan anak yang wajib dibawa. Agar tidak kelewatan apa yang harus dibawa, buatlah daftar perlengkapan tersebut jauh-jauh hari sebelumnya.
Jika si anak sudah dapat diajak berdiskusi, tanyakan juga padanya barang-barang apa saja yang ingin dibawa. Tentu saja sesuaikan dengan kapasitas tas dan prioritas kebutuhan. Momen ini mampu dimanfaatkan untuk melatih anak berpikir, membuat pilihan, dan mengambil keputusan.

2. Berkemas Beberapa Hari Sebelumnya.
Mudik lebaran biasanya dilakukan selama beberapa hari. Salah satu hal yang penting ialah berkemas. Berkemas merupakan salah satu adegan paling menentukan biar perjalanan berlangsung nyaman. Untuk lebih amannya, berkemas harus dilakukan beberapa hari sebelum berangkat. Hal ini untuk menghindari terjadinya lupa terhadap barang-barang yang harus dibawa. 
Periksa ulang barang-barang tersebut sehari sebelum keberangkatan. Masukkan barang-barang yang akan sering dipakai dalam perjalanan ke dalam tas tersendiri. Misalnya : tisu, obat-obatan, air mineral, dan lain sebagainya. Yang tidak kalah penting, mintalah kepada anak untuk memilih salah satu dari mainannya untuk dipegang selama dalam perjalanan.

3. Riset Kecil Sebelum Berangkat.
Waktu tempuh kereta api biasanya relatif lama. Kesempatan bercakap-cakap dan berdiskusi dengan anak pun semakin luas. Manfaatkan sebaik-baiknya momen tersebut. Untuk mampu menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh anak selama dalam perjalanan, tidak ada salahnya jikalau orang renta melaksanakan riset kecil dengan cara melaksanakan browsing di internet. Cari tahu, kemungkinan apa saja yang ada disepanjang perjalanan, yang kemungkinan ditanyakan oleh si anak. Misalnya : nama guning, nama sungai, stasiun yang dilewati, atau sejarah singkat tempat-tempat yang akan dilalui. Dengan begitu perjalanan anda akan menyenangkan dan bermanfaat bagi si anak.

4. Berangkat Lebih Awal ke Stasiun.
Biasakan berangkat lebih awal ke tempat keberangkatan. Selain tidak akan ketinggalan kereta, berangkat lebih awal juga akan menyenangkan buat anak-anak. Sebaliknya, kalau terlambat, suasana jadi tegang dan berpotensi menaikkan emosi. Selain itu, kita juga akan merasa kelelahan sebab harus mengejar kereta dan berdesak-desakan dengan penumpang lain.

5. Pelajaran dalam Gerbong.
Gerbong kereta api menyimpan banyak dongeng dan pelajaran sederhana. Kenalkan pada anak, misalnya, kenapa gerbong redup kalau malam. Tidak ada salahnya juga anak berkenalan dengan penumpang lain, hanya saja ingatkan si anak biar tidak terlalu jauh dari pengawasan orang tua.

6. Usir Kebosanan Anak.
Anak-anak biasanya akan mulai bosan ketika harus duduk berjam-jam. Untuk mengusir kebosanan anak, ajak mereka berkeliling gerbong. Ada beberapa jendela bordes yang biasanya dibiarkan terbuka. Orang renta mampu mengajak anak melihat-lihat pemandangan dan mencicipi angin dari balik bordes. Pilihan lain ialah mengajak anak ke restorasi atau restoran dalam gerbong kereta api, di luar jam makan, atau ketika restorasi sepi pengunjung. 

7. Pilih Perjalanan Malam.
Salah satu trik untuk mengatasi kebosanan anak selama perjalanan ialah dengan memilih perjalanan malam. Hal ini mampu dilakukan apabila tempat tujuan mudik dan waktu tempuhnya sesuai. Jangan lupa membawa jaket atau selimut, sebab kereta api non ekonomi pasti ber-AC dan dingin.

8. Perkenalan Sebelum Mudik.
Jika mudik kali ini ialah pengalaman pertama si anak naik kereta api, ada baiknya orang renta memberi perkenalan terlebih dahulu. Misalnya dengan bercerita sambil menyampaikan gambar kereta api dan bagian-bagiannya. Ilustrasi ini setidaknya mampu membuat anak lebih siap dan bersemangat untuk bepergian. 

Dengan persiapan yang matang, program mudik anda bersama keluarga dengan kereta apai akan terasa nyaman dan menyenangkan. (majalah Sekar)

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mudik Nyaman Dengan Kereta Api"