Latest News

Seprai Katun Sebagai Penunjang Kenyamanan Tidur

Tidur yang berkualitas dibutuhkan guna menjaga vitalitas tubuh. Kenyamanan dalam tidur merupakan hal yang tidak mampu diganggu gugat. Selain kasur sebagai faktor penunjang kenyamanan dalam tidur, yang tidak kalah penting yaitu pemilihan dan penggunaan seprai.

gambar : intisari-online.com
Di pasaran, kita mampu menemukan seprai dengan beragam jenis bahan. Serat sebagai materi pokok kain menyerupai poliester, katun, sutra, rayon, dan lain sebagainya menentukan jenis kain yang siap diwarnai atau dicetak sesuai desain yang diinginkan. Setiap jenis kain memiliki kelebihan dan kekurangan, jenis kain juga mensugesti tingkat absorpsi cairan atau debu, tekstur, kesejukan, tampilan, dan tentu saja harga.

Berbagai pilihan seprai di pasaran menunjukkan keleluasaan kepada konsumen untuk memilih dari jenis materi apa yang disukai. Pada umumnya seprai dengan jenis materi campuran antara poliester dengan katun mempunyai daya tahan yang lebih dibandingkan dengan jenis materi lainnya. Selain itu harganya pun relatif terjangkau oleh kantong konsumen. Sementara seprai dengan materi rayon, disukai konsumen sebab kilauannya terlihat menyerupai sutera.

Kain seprai apa yang paling baik ? Bahwa setiap kain mempunyai keunggulan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Namun apabila dilihat dari sifatnya, katun yaitu kain paling baik sebagai materi dasar seprai. Selain menunjukkan kenyamanan bagi penggunanya, penyerapan, kelembutan, dan kesejukan, seprai katun memiliki daya tahan yang lama, memiliki tampilan baik, dan yang terpenting yaitu perawatannya sangat mudah. Semua kelebihan tersebut membuat seprai katun memiliki nilai lebih dibandingkan dengan jenis kain yang lain. Komposisi 100 % katun yaitu salah satu syarat untuk kenyamanan asli.


Katun murni merupakan materi yang kuat. Dalam kondisi basah, serat katun akan menjadi lebih berpengaruh sehingga tidak membutuhkan perawatan ekstra menyerupai dry clen ataupun pencucian lembut. Kain katun aman jikalau dicuci dengan mesin cuci, serta disetrika dalam kondisi yang panas. 

Hal-hal yang harus diperhatikan dikala membeli seprai katun :

  • Katun memiliki sifat kuat, mengkilap, dan lembut. Untuk memilih katun berkualitas tinggi, perhatikan jenis katun, kemurnian katun, dan kepadatan benang. Hal tersebut merupakan yang utama yang harus diketahui dalam membeli seprai katun. Jenis katun yaitu pertimbangan berikutnya, mulai dari short staple cotton, upland cotton, extra long staple (yang merupakan katun dengan kualitas terbaik). Beberapa jenis katun tersebut dapat dikenali dengan mudah melalui logo yang tertempel di kemasan seprai. Katun 100 % merupakan salah satu syarat untuk menerima menyamanan asli. Katun murni juga memiliki daya tahan lama dan mudah perawatannya sebab serat katun akan semakin berpengaruh bila dalam keadaan basah. Untuk thread count atau kepadatan benang, angka 200 merupakan standar untuk menerima seprai katun yang baik. Bila ingin lebih baik lagi, mampu memilih thread count yang lebih tinggi.
  • Bagaimana kehalusan dan hasil kesegaran yang dibutuhkan, warna, dan desain menyerupai apa yang diinginkan. Ukuran seprai juga perlu menjadi perhatian, sebab seprai yang telalu lebar atau sempit akan terasa tidak nyaman.
  • Baca detail informasi produk pada kemasan. Apabila tidak paham, anda mampu menanyakan mengenai detail informasi produk tersebut kepada penjualnya. Keaslian beberapa katun dapat dilihat dari logo kecil atau akta di kemasan seprai. Kelebihan lain, menyerupai teknologi Microban juga patut dipertimbangkan jikalau memang dibutuhkan.
  • Setelah mendapat informasi mengenai produk, sesuaikan dengan harga. Seprai berkualitas tinggi merupakan  investasi jangka panjang sebab kain yang berkualitas memiliki daya tahan yang baik.
  • Perhatikan tekstur seprai. Seprai dengan motif tenun dan motif cetak akan menjadikan kehalusan yang berbeda. Pilihlah sesuai dengan kenyamanan dan harga dari kain seprai tersebut.

Agar seprai berbahan katun infinit dan tahan lama, perlu dilakukan perawatan yang benar. Seprai katun tidak membutuhkan perawatan khusus (inilah kelebihan kain jenis katun), sebab : 
  • Katun aman dicuci dengan memakai mesin cuci, mesin pengering, serta disetrika dalam kondisi yang panas.
  • Katun tidak perlu perawatan ekstra menyerupai pencucian lembut, laundry ataupun dry clean.
  • Katun memiliki sifat semakin sering dicuci akan semakin terasa lembut.
  • Sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung.
  • Katun perlu dicuci secara rutin untuk menghindari jamur.

Bagaimana, anda tertarik memilih katun sebagai materi seprai anda ? 

Selamat mencoba.

0 Response to "Seprai Katun Sebagai Penunjang Kenyamanan Tidur"