Latest News

Rentang Manajemen (Rentang Kendali)

Rentang Manajemen atau rentang kendali yakni kemampuan manajer untuk melaksanakan koordinasi secara efektif, yang sebagian besar tergantung pada jumlah bawahan yang melapor kepadanya.

Prinsip rentang manajemen, berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer atau atasan. Rentang administrasi juga dapat berarti jumlah bawahan yang secara pribadi menunjukkan laporan kepada seorang manajer tertentu. Rentang administrasi sering disebut dengan istilah span of control, span of authority, span of attention atau span of supervision.

Rentang administrasi dan koordinasi yakni saling berafiliasi erat. Ada anggapan bahwa semakin besar jumlah rentangan semakin sulit untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan bawahan secara efektif. Rentang administrasi yakni salah satu aspek utama dari struktur organisasi yang menghipnotis seorang individu kalau ia bergabung dengan suatu organisasi.

Ada dua alasan mengapa penentuan rentang administrasi yang sempurna yakni penting, yaitu :
  • Rentang administrasi menghipnotis penggunaan efisien dari manajer dan pelaksanaan kerja efektif dari bawahan mereka.Terlalu melebarnya rentangan dapat berarti bahwa manajer harus mengendalikan jumlah bawahan yang besar sehingga menimbulkan tidak efisien. Sedangkan rentagan yang telalu sempit, dapat menimbulkan manajer tidak digunakan sepenuhnya.
  • Ada kekerabatan antara rentang administrasi di seluruh organisasi dan struktur organisasi. Semakin sempit rentang administrasi struktur organisasi akan berbentuk 'tall' dengan banyak tingkat pengawasan di antara administrasi puncak dan tingkat paling bawah. Rentang administrasi yang melebar akan menghasilkan struktur yang berbentuk 'flat' yang berarti tingkatan administrasi semakin sedikit. Struktur ini kan menghipnotis efektifitas manajer di semua tingkatan.

Henry Fayol mengemukakan bahwa jumlah maksimum bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi  dalam organisasi yakni 20 hingga 30 karyawan, sedang setiap kepala pengawas dapat mengawasi hanya 3 hingga 4 pengawas produksi. Sedangkan V.A. Graicunas menyatakan bahwa dalam memilih suatu rentangan manajer harus mempertimbangkan tidak hanya kekerabatan satu dengan satu secara pribadi dengan bawahan yang diawasi tetapi juga kekerabatan mereka dengan bawahan dalam kelompok dua atau lebih. Lyndall F. Urwick menyimpulkan atas dasar rumusan Graicunas tersebut, bahwa tidak ada direktur  yang dapat mengendalikan secara pribadi kerja lebih dari lima atau paling banyak enam bawahan. Jenderal Ian Hamilton, berdasarkan pengalaman militernya, mempunyai kesimpulan yang sama dengan Graicunas dan Urwick, bahwa otak rata-rata insan hanya memiliki ruang lingkup yang efektif dalam penanganan dari tiga hingga enam otak insan lainnya.

Rentang Manajemen Lebar vs Rentang Manajemen Sempit.
Organisasi dengan meningkatnya jumlah karyawan  mempunyai tiga pilihan, yaitu :rentang administrasi naik (rentang administrasi melebar), hirarki tingkatan administrasi naik (rentang administrasi menyempit), atau kombinasi keduanya. 
Alasan digunakan rentang administrasi melebar yakni bahwa tingkatan hirarki yang semakin tinggi cenderung mengurangi kecepatan waktu penyebaran info dari atas ke bawah. Lebih banyak jumlah tingkatan yang harus dilalui informasi, lebih besar kemungkinan penyimpangan atau distorsi. Penambahan tingkatan administrasi juga memakan biaya. Rentang administrasi yang melebar berarti penggunaan sumber daya manajer secara efisien.
Alasan digunakannya rentang administrasi menyempit yakni bahwa pada umumnya susila dan produktivitas karyawan akan meningkat dalam organisasi-organisasi kecil  daripada organisasi-organisasi besar. Penggunaan rentang administrasi yang terlalu melebar berarti bahwa manajer tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan efektif, dan mencurahkan perhatiannya kepada seluruh bawahan secara perseorangan. Koordinasi dan kooperasi berkembang baik, kerana setiap individu harus mengelola fungsi administrasi sendiri dan dengan perlindungan minimum dari atasan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rentag Manajemen
Untuk mendapatkan ukuran rentangan yang sempurna bagi jabatan manajer tertentu, faktor-faktor yang harus dipertimbangkan yakni :
  • Kesamaan fungsi-fungsi. Semakin sejenis fungsi-fungsi yang dilaksanakan oleh kelompok kerja , rentangan semakin melebar.
  • Kedekatan geografis. Semakin bersahabat kelompok kerja ditempatkan, secara fisik, rentangan semakin melebar.
  • Tingkat pengawasan pribadi yang dibutuhkan. Semakin sedikit pengawasan pribadi yang dibutuhkan, rentangan semakin melebar.
  • Tingkat koordinasi pengawasan yang dibutuhkan. Semakin berkurang koordinasi yang dibutuhkan, rentangan semakin melebar.
  • Perencanaan yang diperlukan manajer. Semakin sedikit perencanaan yang dibutuhkan, rentangan semakin melebar.
  • Bantuan organisasional yang tersedia bagi pengawas. Lebih banyak perlindungan yang diterima pengawas dalam fungsi-fungsi menyerupai penarikan, latihan, dan pengawasan mutu, rentangan semakin lebar. 

Pedoman lain yang dapat dipakai untuk menentukan rentang manajemen mencakup beberapa faktor, yaitu : 

1. Faktor-faktor yang berafiliasi dengan situasi.
Rentang administrasi dapat relatif melebar apabila :
  • Pekerjaan bersifat rutin.
  • Operasi-operasi stabil.
  • Pekerjaan bawahan sejenis.
  • Bawahan dapat bekerja baik tidak tergantung satu dengan yang lain.
  • Prosedur-prosedur dan metoda-metoda dibuat secara baik dan telah diformalisasi.
  • Pekerjaan tidak membutuhkan tingkat pengawasan yang tinggi.
2. Faktor-faktor yang berafiliasi dengan bawahan.
Rentang administrasi dapat relatif melebar apabila :
  • Bawahan yakni terlatih baik untuk pekerjaan tertentu.
  • Bawahan lebih senang bekerja tanpa pengawasan ketat.
3. Faktor-faktor yang berafiliasi dengan atasan.
Rentang administrasi dapat relatif melebar apabila :
  • Manajer yakni terlatih baik dan berkemampuan tinggi.
  • Manajer mendapatkan perlindungan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pengawasannya.
  • Manajer tidak mempunyai kegiatan-kegiatan pemanis selama pengawasan dilaksanakan.
  • Manajer lebih menyukai gaya pengawasan yang lepas daripada ketat.

Dari kekerabatan antara variabel-variabel di atas, dapat diidentifikasikan faktor-faktor yang paling menentukan rentang manajemen.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Rentang Manajemen (Rentang Kendali)"